MEMBUKA 7 CAKRA

 

Pertama sang guru menerangkan dulu apa itu cakra, kira kira isi keterangannya sbb :

 

Cakra itu erat hubungannya dengan aliran energi di dalam tubuh. Di mana cakra ini bisa dianggap sebagai kolam kolam energi yang terkumpul di dalam tubuh. Di mana kolam ini menyebar di dalam tubuh . Terdapat 7 cakra (kolam energi) dalam tubuh kita, dan setiap kolam energi mempunyai fungsi (tujuan) tersendiri. Namun ke semuanya terhubung oleh aliran energi mulai dari cakra terendah hingga ke cakra tertinggi. Dan aliran dari setiap cakra dapat terbendung oleh sifat sifat emosional tertentu. Disamping itu, membuka bendungan bendungan aliran di antara cakra adalah pengalaman yang berbahaya. Dan sekali proses pembukaan ini dilakukan maka kamu tidak boleh berhenti hingga semua bendungan tersebut terbuka.

 

Setelah merengkan apa itu cakra, sang guru mulai menerangkan satu per satu hubungan cakra dengan kehidupan yang di alami Aang (sebagi perwakilan manusia yang ingin mencapai kondisi Avatar). Beginilah petuah sang guru sesuai dengan pemahaman saya :

 

  1. Cakra Bumi

Cakra ini terletak di dasar tulang belakang. Cakra ini berhubungan survival dan dibendung oleh ketakutan. Dan harus disadari hal hal yang paling takutkan dalam kehidupan ini ternyata hanyalah ilusi . Kita harus konsentrasi terhadap keyakinan kita dan membiarkan ketakutan itu mengalir hilang ke bawah.

 

  1. Cakra Air

Cakra ini berhubungan dengan tekanan dan dibendung oleh rasa bersalah.. Sadarilah semua rasa bersalah yang ada pada dirimu. Sadari apa apa yang membuat kita menyalahkan diri sendiri. Dan terimalah semua hal tersebut sebagai kenyataan yang memang terjadi, tapi jangan biarkan mengacaukan dan meracuni energimu. Dan dengan berpikiran positif maka akan memaafkan diri sendiri.

 

  1. Cakra Api

Cakra ini terletak di dalam lambung. Cakra ini berkaitan dengan perasaan dan di blok oleh rasa malu. Rasa malu ini berhubungan dengan peristiwa peristiwa hidup yang menimbulkan penyesalan dan kekecewaan dalam jiwa. Sadarilah semua peristiwa tersebut sebagai bagian dari pembelajaran dalam hidup, dan jangan pernah mengingkarinya. Terimalah apa adanya sebab itu semua adalah bagian dari dirimu.

  1. Cakra ke 4 (Angin ?)

Cakra ini terletak di jantung. Cakra ini berkaitan dengan cinta dan di bendung oleh kesedihan. Lepaskan semua kesedihanmu ke luar dari dirimu. Kamu mungkin sangat kehilangan, tapi cinta adalah energi yang sangat penting dan tersebar di sekeliling kita. Cinta yang berakhir bagimu, bukanlah juga berarti akhir dari energi ini. Dia masih tetap ada di dalam hatimu. Dan tumbuh kembali menjadi cinta yang baru. Biarkan kesedihan mengalir keluar dari dirimu.

 

  1. Cakra Suara

Cakra ini terletak di tenggorokan. Cakra ini berkaitan dengan truth dan di blok oleh kebohongan. Semua hal sudah ada di dalam diri kita, dan harus terima apa adanya, jangan pernah berusaha mengingkari sifat alamimu. Di tekankan bahwa harus menerima dirimu apa adanya dengan segala konsekuensinya.

 

  1. Cakra Cahaya

Cakra ini terletak di tengah tengah dahi. Cakra ini berkaitan dengan insight (batin) dan di bendung oleh ilusi. Ilusi terhebat dari tingkat ini adalah keterpisahan. Merasa sesuatu itu terpisah dan berbeda padahal sebenarnya adalah satu dan sama. Seperti negara-negara di dunia ini, bukankah kita semua adalah sama sama manusia namun hidup berpisah pisah? Padahal sebenarnya kita semua saling berhubungan, dan segalanya memang saling berhubungan. Bahkan keterpisahan ke 4 elemen (tanah, air, udara, api) adalah sebuah ilusi. Jika kamu membuka pikiranmu, kamu akan melihat ke 4 elemen tersebut adalah satu kesatuan. Ke empat bagian dari sumber yang sama.

 

  1. ke 7 (mahkota ?)

Cakra ini terletak di atas kepala. Cakra ini berkaitan dengan energi kosmismu dan di blok oleh keterikatan duniawi. Sekarang biarkanlah semua keterikatan itu tersimpan, biarkan dia mengalir bersama sungai, lupakan. Belajarlah melepaskan atau kamu tidak dapat membuat murninya energi kosmis yang terbendung mengalir dari angkasa. Kamu harus belajar untuk merelakan, hanya itu satu satunya cara.

 

Dan akhirnya setelah aliran mencapai cakra ke 7 ini, maka niscaya kamu akan bisa mencapai penyerahan diri secara sempurna. Dan bisa menemukan kebenaran abadi.

 

Seperti yang di beritahu oleh Krishna kepada Arjuna dalam Perang Kurukshetra  :

Temukan kebenaran abadi itu,
Dia yang tak terbunuh dan tak membunuh.
Dia yang tak pernah lahir
dan tak pernah mati.
Dia yang melampau segala dan selalu ada.

Kau akan menyatu denganNya,
bila kau menemukanNya.
Karena sesungguhnya Ialah yang bersemayam
di dalam dirimu, diriku, diri setiap insan.

Maka, saat itu pula kau akan terbebaskan
dari suka, duka, rasa gelisah, dan bersalah.

 

Dan rasa cahaya itu kucicipi sekali lagi. Indahnya ….

Namaste. *merangkum ke dua tangan di depan dada*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s